Suryadharma Ali

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan akan mendalami surat yang dikirim 27 anggota Kongres Amerika Serikat terkait pelarangan kegiatan Ahmadiyah. Gamawan mengatakan, dia belum melihat apalagi menerima surat bersangkutan.

Namun ia menegaskan, Surat Keputusan Bersama melarang Ahmadiyah adalah keputusan yang telah melalui berbagai pembahasan oleh berbagai pihak. “Dari unsur agama juga ikut, bukan pemerintah saja. Itu keputusan terbaik ketika itu,” katanya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali. Dia menegaskan, SKB tetap berlaku sebelum ada keputusan lain yang permanen. “Itu merupakan solusi terbaik yang bisa dihasilkan oleh pemerintah dalam rangka mengatasi perbedaan pandangan yang tajam antara muslim di Indonesia dan Ahmadiyah,” katanya. Seperti diketahui, Menlu Marty Natalegawa, mengatakan telah menerima surat dari Kongres AS terkait pelarangan Ahmadiyah di Indonesia.

Selain surat ini, ternyata salah satu komisi di AS, yaitu Komisi Amerika Serikat untuk Kebebasan Beragama Internasional (USCIRF) meminta Pemerintah AS mendesak pemerintah Indonesia untuk melindungi komunitas Ahmadiyah. USCIRF juga meminta AS mendesak Indonesia mencabut aturan yang melarang Ahmadiyah untuk beribadah.